Arsitektur Bangunan Yogyakarta




Arsitektur Tradisional Yogyakarta adalah suatu bangunan atau tempat tinggal ciptaan manusia yang pembuatannya diwariskan secara turun temurun untuk melakukan aktivitas mereka.

Membahas tentang jenis bangunan arsitektur Yogyakarta. Banyak Bangunan Tempat Tinggal, Bangunan Peribadatan, dan Bangunan Tempat Musyawarah Kehidupan masyarakat Jawa sangat erat dengan filosofi dan kepercayaan dalam setiap aktivitas yang dilakukan. Begitu pula dalam membangun tempat tinggal. Masyarakat Jawa menyebut tempat tinggal dengan sebutan omah yang berasal dari dua kata, yaitu om yang berarti angkasa dan bersifat laki-laki, serta mah yang berarti lemah (tanah) dan dalam hal ini bersifat perempuan. Jadi dalam penyebutan omah terdapat dua unsur yang disebut dengan Bapak Angkasa dan Ibu Pertiwi.

Berikut adalah video yang menjelaskan tentang Arsitektur Bangunan Jawa





img

Jogja Belajar Budaya

JB Budaya adalah salah satu layanan unggulan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY yang terintegrasi dengan jogjabelajar.org. JB Budaya merupakan media pembelajaran berbasis website yang mempelajari tentang budaya-budaya di Yogyakarta.




Artikel Terkait

Artikel yang juga anda sukai

Tembang Dhandanggula

Tembang Dhandanggula menggambarkan keadaan kehidupan manusia yang telah mencapai tahap kemapanan sosial, kesejahteraan telah tercapai dan telah menikmati masa hidupnya.

Aturan persajakan :

  1. Guru gatra :....

    Baca Selengkapnya

Tembang Megatruh

Tembang Megatruh atau megat ruh berarti terpisahnya nyawa dari jasad. Menggambarkan fase dimana manusia dipisahkan antara ruh dan jasadnya dan kembali kehadirat Tuhan.

Autran....

Baca Selengkapnya