Rumah Joglo Milik Subardjo




Dilansir dari cagar cagar budaya kemdikbu, Rumah Subardjo di Dusun Jamblangan, Desa Margomulyo, Kecamatan Seyegan, Kabupaten Sleman, DIY, merupakan rumah tinggal. Dari data yang ada di bagian bubungan pendhapa terdapat angka tahun 1938. Rumah ini dibangun oleh Joyodimejo seorang Bayan di Kalurahan Jamblangan(Kalurahan lama), kemudian diwariskan kepada anaknya Sastrosugirjo seorang kamituwo(perangkat desa) Margomulyo. Pada saat digunakan oleh Sastrosugirjo inilah dilakukan pemugaran, dan terakhir diwariskan kepada Subardjo. Pada saat perang kemerdekaan digunakan sebagai markas tentara yang bergerilya, sehingga pernah dibakar oleh tentara Belanda. Rumah ini mempunyai peran dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai markas gerilya disaat Perang Kemerdekaan pada Perang Agresi II.

Rumah Subardjo merupakan rumah dengan arsitektur tradisional Jawa. Pendhapa dan nDalem dengan tipe Joglo pringgitan dengan tipe Limasan, gandhok dengan tipe Kampung. Konstruksi bangunan rumah tinggal ini memiliki rangka dari kayu nangka, dengan empyak dari bambu atau disebut raguman. Rumah kemungkinan dibangun pada tahun 1938, sebagaimanan ditulis di bagian kemuncak atap atau bubungan berbentuk stiliran burung yang memuat angka tahun tersebut.

Lantai untuk pendhapa dan ndalem masih menggunakan semen, demikian pula beberapa bagian rumah yang lain. Lantai gandok kiwa(kiri) sudah diganti dengan keramik warna dominan putih. Dapur yang roboh karena gempa tiangnya diganti cor beton bertulang.






img

Jogja Belajar Budaya

JB Budaya adalah salah satu layanan unggulan Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan DIY yang terintegrasi dengan jogjabelajar.org. JB Budaya merupakan media pembelajaran berbasis website yang mempelajari tentang budaya-budaya di Yogyakarta.



Situs Budaya Lainnya

Titik 0 Km Yogyakarta

Banyak orang bingung saat ditanya titik nol Yogyakarta. Sebagian beranggapan, titik nol kilometer yang dimaksud berada di keraton. Ada yang menduga itu adalah....

Baca Selengkapnya

Candi Sambisari

Sejarah pendirian Candi Sambisari be¬lum dapat diketahui secara pasti karena tidak ada¬nya bukti yang konkret. Untuk menentukan tahun pendiriannya harus ditinjau....

Baca Selengkapnya